Selasa, 13 Juni 2017

DVD ROM

PENGERTIAN DAN FUNGSI CD/DVD ROM



Hasil gambar untuk macam macam dvd rom

PENGERTIAN CD ROM


        CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. CD-ROM juga berarti bahwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x.



FUNGSI CD ROM


Hasil gambar untuk cd rom

        Telah di jelaskan bahwa CD ROM mempunyai arti bahwa sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.



PENGERTIAN DVD ROM



          DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD. Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.

A.Pengertian Dan Fungsi DVD DRIVE
      Drive berarti penggerak atau pemutar.DVD ROM DRIVE berarti penggerak atau pemutar pada sebuah DVD ROM.perangkat ini memiliki bentuk fisik yang sama persis seperti CD ROM DRIVE akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda fungsi DVD ROM DDRIVE adalah untuk membaca data atau program pada DVD. sedangkan fungsi CD ROM DRIVE adalah sebagai media baca pada CD (COMPACT DISK)



B.Macam -Macam DVD ROM DRIVE

macam-macam dari dvd rom drive adalah:

1.DVD ROM DRIVE R
     Adalah DVD ROM DRIVE yang digunakan hanya untuk membaca data atau program pada CD dan DVD.

2.DVD ROM COMBO DRIVE
         Adalah DVD ROM DRIVE yang digunakan untuk membaca data pada cd dan dvd serta dapat memasukan atau menyimpan data pada cd akan tetapi tidak dapat menyimpan atau memasukan data pada dvd

3.DVD ROM RW DRIVE
   
       Adalah DVD ROM DRIVE yang dapat digunakan untuk membaca data atau program pada cd dan dvd serta dapat menyimpan data atau memasukan data atau file kedalam cd dan dvd.
FUNGSI DVD ROM

Hasil gambar untuk dvd rom

      Drive berarti penggerak atau pemutar.DVD ROM DRIVE berarti penggerak atau pemutar pada sebuah DVD ROM.perangkat ini memiliki bentuk fisik yang sama persis seperti CD ROM DRIVE akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda fungsi DVD ROM DDRIVE adalah untuk membaca data atau program.pada.DVD.


- See more at: http://www.solusikompi.com/2014/10/pengertian-dan-fungsi-cddvd-rom.html#sthash.8m3d3hKC.dpuf

PERBEDAAN FUNGSI CD ROOM/DVD ROOM

DVD sendiri hampir sama dengan CD ROM, akan tetapi DVD memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan CD.

    DVD merupakan pengembangan generasi kedua dari CD  namun memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar yaitu sekitar 7x dari CD. DVD meniliki kapasitas penyimpanan 4,7 GB single layer dan dapat memutar film atau video dengan resolusi 720x480 piksel. Oleh karena itu pada saat sekarang ini penyimpanan file video atau film lebih condong ke DVD. DVD memiliki 2 jenis yaitu DVD R ( DVD Readable ) dan DVD RW (DVD ReWriteable ), kedua DVD tersebut termasuk dalam DVD pada single layer (DVD-5) dapat menyimpan sampai 2 jam film dengan mutu tinggi dan dilengkapi dengan audiotrack dengan format stereo Dolby digital atau DTS dengan seta juga advanced menu system, subtittle, maupun still picture.


JENIS-JENIS DVD

  • DVD RW adalah kepanjangan dari DVD ReWriteable yang memiliki kemampuan menghapus dan menulis kembali sebuah cakram DVD RW. Menurut Pioneer, cakram DVD RW dapat ditulis sekitar 1000 kali, Cakram DVD RW biasanya digunakan untuk tujuan backup, kumpulan berkas, atau home DVD video recorder. Keuntungan lain adalah bila ada kesalahan menulis, cakram masih dapat digunakan dengan cara menghapus data yang salah tersebut. DVD RW termasuk DVD recording format yang pertama kali keluar dan kompatibel dengan DVD standalone. 


  • DVD R adalah kepanjangan dari DVD Readable yang cuma bisa dipake untuk menyimpan data sekali saja dan datanya cuma bisa dibaca (readable). DVD R hanya dapat digunakan untuk menyimpan data sekali saja dan datanya cuma bisa dibaca (readable). 

FORMAT DVD

  • DVD +RW memiliki beberapa kelebihan seperti lossless linking dan CAV dan CVL writing. DVD +RW mendukung single side 4,7 Gb DVD dikenal dengan (DVD-5) dan double side 9,4 Gb DVD dikenal dengan (DVD-10). Format ini didukung oleh DVD +RW Alliance. DVD+RW kompatibel dengan 72% DVD player dan sebagian besar DVD-ROM.
  • DVD +R adalah format non-rewriteable yang kompatibel dengan 83% DVD player dan semua DVD-ROM.
  • DVD -RW adalah DVD recording format yang pertama kali keluar dan kompatibel dengan DVD standalone. DVD-RW mendukung single side 4,7 Gb, DVD yang dikenal dengan (DVD-5) dan double side 9,4 Gb, DVD dikenal dengan (DVD-10). DVD -RW kompatibel dengan 72% DVD player dan sebagian besar DVD-ROM.
  • DVD-R adalah format non-rewriteable yang kompatibel dengan 89% DVD player dan semua DVD-ROM.
  • DVD RAM adalah DVD yang memiliki fitur perekaman terbaik dari semua DVD. Tapi tidak kompatibel dengan kebanyakan DVD-ROM maupun DVD player. DVD RAM lebih dianggap sebagai suatu media penyimpanan eksternal (Removable Harddisk). DVD RAM ketika diputar dalam DVD Rom hanya dapat membaca data dan ketika ingin menulis atau menyimpan data hanya dapat menggunakan CD Rom. Pemakaian DVD RAM hanya dapat dipakai 1 kali pakai per keping.
  • DVD-VCD adalah VCD yang direkam diatas DVD -RW. DVD mendukung resolusi VCD, tetapi audio-nya di resample ke 48 KHz.
  • DVD-SVCD adalah SVCD yang direkam diatas DVD -RW. DVD sebenarnya tidak mendukung format resolusi SVCD, tetapi bisa jalan juga audio nya di resample ke 48 KHz.
  • DVD-MP3 adalah MP3 yang direkam diatas DVD-R/W, tetapi sangat sedikit standalone DVD yang mendukungnnya dan sebagian besar DVD player hanya mengenal DVD-R/W hanya sebagai DVD Video.


Perbedaan DVD +R dan DVD +RW / DVD –R dan DVD –RW

      DVD -R / DVD -RW ini dikembang oleh Pioneer dan digunakan terutama oleh Pioneer dan Apple. Arti tanda minus (-) ini adalah DVD jenis ini cuma bisa dipake satu lapisan di permukaannya untuk tempat menyimpan data. Sedangakan DVD +R / DVD +RW ini didukung oleh Philips, Sony, Dell, HP, dan Mcft. Arti tanda plus (+) ini adalah data bisa disimpan di dalamnya dengan banyak lapisan di permukaannya. Ini menyebabkan ruang simpan di DVD jenis ini lebih banyak daripada yang menggunakan tanda minus (-) dan harganya juga lebih mahal

BAGIAN-BAGIAN KOMPONEN CD/DVD ROOM

ENJI MEDIA - Inilah Komponen - komponen Yang Ada Didalam Sebuah Optical Drive (CD DVD).

Semoga Dapat Membantu Anda Dalam Menyelesaikan Tugas Ataupun Hanya Ingin Tau Saja Apa Komponen Yang Berada Di Sebuah Optical Drive (CD DVD). 



  I. Dioda Laser


      Perangkat dioda laser / diode laser adalah block “pick up” yang harus dan harus ditangani dengan sangat hati-hati. Perangkat optic atau lensa harus tetap bersih. Bersihkan semua kotoran atau debu dari perangkat lensa. Jika terjadi kerusakan pada pick up laser maka keseluruhan block pick up harus diganti.



    II. Motor Pemuat


   Motor Pemuat pendorong kotak pemuat keluar dan memasukan disk ke perangkat pick up optic. Sinyal mengendalikan motor pemuat diatur oleh IC pengatur mekanisme.



    III. Motor Luncur




      Motor luncur dapat dikendalikan oleh IC perangkat focus penjejakan dan dialirkan oleh rangkaian penguat SLED dan transistor-transistor penggerak keluaran.



    IV. Motor Penggerak Disk


     Motor penggerak disk adalah alat yang sangat peka yang dikendalikan dari penguat servo dan IC pengatur CLU(countain linier velocity).


BAGIAN OPTICAL DISC DRIVE

     Bagian paling penting dari Optical Drive adalah Optical Path (bagian komponen Laser maupun Optic), yang ditempatkan dalam Pickup Head (PUH). Biasanya, ia dibentuk dari semi konduktor Laser, komponen lensa yang berfungsi mengarahkan sinar Laser, dan komponen Fhotodiode yang bertugas mendeteksi refleksi cahaya dari permukaan media Disc.


   Pada awalnya, Laser dari peripheral CD menggunakan cahaya Laser dengan Wavelenght sebesar 780 nm, yang termasuk ke dalam jangkauan Inframerah. Untuk peripheral DVD, Wavelenght dikurangi menjadi 650 nm (sinar warna merah), dan berlanjut pada Blu-ray Disc dengan menggunakan Wavelenght 405 nm (sinar warna ungu).



       Di dalam menggunakan fungsi Optical dari penulisan dan pembacaan data, Optical Drive menggunakan dua mekanisme Servo. Pertama sebagai pengendali jarak antara lensa dengan permukaan Disc. Hal ini agar sinar Laser tetep fokus pada titik Laser yang ada pada pemukaan Disc. Servo yang kedua berfungsi menggerakan Head lensa dari piringan radius Disc paling tengah hingga radius Disc paling ujung. Dengan ini, semua barisan dapat terbaca secara kontinu.




IMPLEMENTASI LASER/OPTIC PADA MEDIA DISC

2.4.1. ROM (Read Only Memory).



     Ketika dalam proses pembuatan atau pencetakan data Disc ROM di pabrik, data dibentuk menggunakan cara di-pres. Sehingga terbentuk lubang-lubang disetiap jalur permukaan Disc. Hal ini akan membentuk serial data layaknya 1 atau 0 (digital), karena perbedaan refleksi Wavelenght sinar Laser untuk permukaan tanpa lubang dengan permukaan berlubang. Lubang ini biasanya memiliki kedalaman antara seperempat hingga seperenam Wavelenght Laser yang digunakan.



2.4.2. Recordable (+/-R)


        Unit Optical Drive juga dapat secara langsung me-record data kedalam media Disc. Salah satunya yang paling awal adalah tipe Optical Drive Recordable. Drive hanya dapat menuliskan sekali saja ke dalam media Optical Disc kosong. Tipe-tipe medianya sendiri dalam bentuk CR-R, DVD-R, DVD+R, atau BD-R Disc. Proses Encoding data (biasa disebut burn), dengan cara memanaskan bagian lapisan organik dari permukaan media menggunakan sinar Laser. Hal ini akan membuat perubahan terhadap tingkat Reflektivitas dari lapisan organik tersebut. Bagian yang ipanaskan tersebut dapat dianalogikan seperti lubang-lubang yang menggunkan proses press dimedia ROM. Untuk Recordable Disc, proses ini adalah permanen dan media kosong hanya dapat ditulis sekali saja. Terdapat perbedaan antara sinar Laser untuk red dan record. Untuk red, biasanya hanya membutuhkan Laser berkekuatan 5 mW sedangkan untuk record membutuhkan Laser yang jauh lebih kuat lagi. Hal ini dikarenakan proses pemanasan oleh sinar Laser. Selain itu, semakin cepat proses penulisan, semakin seikit pula oleh Laser. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Laser menggunakan daya 100 mW untuk gelombang kontinu dan 225 mW. Gelombang pluse.


2.4.3. Rewriteable (+/-RW)



     Pada unit tipe Rewriteable, seperti CD-RW , DVD-RW, DVD+RW, DVD-RAM, atau BD-RE bahan yang digunakan pada permukaan pada permukaan adalah Crystallinmetal Alloy. Dengan menggunakan bahan ini, proses pembakaran (burn) dapat dikondisikan lagi seperti semula melalui pemakaian data Laser yang bervariasi.



Terdapat dua mobel Optical Drive untuk jenis kapasitas dua kali lipat. Pertama, model Double-Sided yang menempatkan permukaan data pada setiap sisi Disc. Hal ini cukup memudahkan proses burn, hanya saja sedikit menyusahkan penggunaan karena untuk mengakses sisi lain harus dengan membalikan media Disc secara fisik (bongkar-pasang).

Berikutnya adalah model Dobel Layer, yakni media Disc yang memiliki dua Layer berbeda dari satu Disc, yang dipisahkan oleh Layer Semi-Reflektif kedua Layer ini dapat diakses pada sisi Disc yang sama. Namun memerlukan Optif untuk mengubah fokus Laser agar dapat mengakses layar ke dua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DVD ROM

PENGERTIAN DAN FUNGSI CD/DVD ROM PENGERTIAN CD ROM          CD-ROM merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah...